Senin, 10 Desember 2012

Membuat USB Flash Disk Bootable menggunakan Hiren's BootCD

ok, langsung aja ke TKP, pertama, download Hiren's BootCD di sini. kemudian ekstrak file .zip dengan 7zip yang bisa di unduh di sini


Anda akan melihat file dengan ekstensi .iso. Ekstrak lagi file iso tersebut dengan 7zip. Hasil dari ekstrak terdapat folder HBCD. Jalankan file "HBCDMenu.exe" yang ada di dalam folder HBCD tersebut. 
Pilih -> Programs -> Partition / Boot / MBR -> Grub4Dos Installer seperti gambar berikut:
maka akan tampil Grub4Dos seperti gambar berikut:

Pada bagian Disk, ada 3 objek yaitu button, dropdown list dan tombol Refresh, klik pada button Disk, klik tombol Refresh lalu pilih USB Flash Disk yang akan dijadikan untuk booting komputer. Klik Refresh pada bagian Part List, lalu pilih Whole disk MBR pada drop down list. 

Sampai sini jika terdapat pesan error "Invalid partition Table...", Format Flash disk terlebih dahulu dengan USB Disk Formatter yang bisa anda download di sini lalu ulangi langkah-langkah di atas. 

Klik tombol install pada bagian bawah Grub4Dos Installer. Setelah berhasil membuat MBR flash disk jadi bootable (bisa ngeboot), langkah selanjutnya adalah copas folder HBCD ke dalam flash disk dan setelah itu copy grldr dari folder HBCD ke root dir flash disk. contoh, jika flash disk ada di drive e:, maka copy file grldr dari e:\HBCD ke e:\. 

Sampai sini, anda telah berhasil membuat Bootable flash disk alias Flash Disk untuk ngeboot. well, happy ngeboot. :)